Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan no.1 tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis. Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Soekarno dengan harapan mampu gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri Kerajaan Majapahit sekaligus menjadi kampus kebanggaan bangsa Indonesia.

Universitas Brawijaya merupakan kampus elit di Indonesia dan secara konsisten menduduki peringkat 5 terbaik bersama dengan Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung berdasarkan penilaian resmi Kemenristekdikti. Sedangkan di tingkat Internasional, menduduki peringkat 51 di Asia dan 400 dunia. Universitas Brawijaya adalah salah satu dari sebagian kecil kampus Indonesia yang terindeks secara Internasional oleh QS.

Universitas Brawijaya memiliki empat kampus. Kampus utama terletak di sebelah barat Kota Malang (Jl. Veteran), dan kampus kedua terletak di Puncak Dieng atau dikenal sebagai UB Dieng yang digunakan untuk fasilitas olahraga outdoor, dan beberapa fasilitas riset maupun perkuliahan. Sedangkan kampus ketiga berada di Kota Kediri (Jl. Pringgodani) dan kampus keempat berada di Ibu Kota Jakarta, Indonesia.

Sejarah

Berawal dari Balai Kota Malang, gagasan untuk pembentukan perguruan tinggi itu digulirkan. Atas prakarsa Ketua DPRD, 10 Mei 1957, diadakan pertemuan tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintahan Kota Malang, membahas rencana pembentukan sebuah universitas milik Kotapraja Malang.

Universitas ini semula berstatus swasta, dengan embrio sejak tahun 1957, yaitu berupa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Universitas Swasta Sawerigading, Makasar. Sebagai langkah awal, didirikan sebuah yayasan bernama Yayasan Perguruan Tinggi Malang (YPTM) dengan akta notaris nomor 48 tahun tertanggal 28 Mei 1957. Yayasan ini kemudian membuka Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), pada 1 Juli 1957. Tercatat sebanyak 104 mahasiswa perguruan tinggi ini, dan menggunakan ruang sidang Balaikota Malang sebagai tempat perkuliahannya.  Sementara itu, atas inisiatif beberapa tokoh masyarakat yang lain dibentuk pula Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (YPTEM) dengan akta notaris nomor 26 tertanggal 15 Agustus 1957 yang kemudian mendirikan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM).

Tak jauh berbeda dengan pendahulunya, aktivitas perkuliahan PTEM juga menumpan di Balai Kota Malang. Secara resmi PTHPM diakui sebagai milik Kotaparaja Malang dengan keputusan DPRD,19 Juni 1958. Pada dies natalis ketiga PTHPM, 1 Juli 1960, diumumkan penggunaan nama Universitas Kotapraja Malang bagi perguruan tinggi itu. Selain itu diumumkan pula rencana membuka dua fakultas baru. Rencana itu menjadi kenyataan, 15 September 1960, berdiri Fakultas Administrasi Niaga (FAN). Disusul kemudian oleh Fakultas Pertanian (FP) pada 10 November 1960.

Fakultas

Hingga 2022, UB telah memiliki 18 fakultas dan 221 program studi (prodi) dengan rumpun keilmuan yang sangat luas mulai dari program Vokasi, Sarjana, Magister, Doktor, Dokter Spesialis, dan Profesi. Berdasarkan data yang berasal dari Kemenristekdikti, UB merupakan perguruan tinggi yang paling multidisipliner bersama Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia Dibawah ini merupakan daftar fakultas beserta pembagian keilmuannya:

Agrokompleks

  • 1). Fakultas Pertanian (FP UB)
  • 2). Fakultas Peternakan (FAPET UB)
  • 3). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK UB)
  • 4). Fakultas Teknologi Pertanian (FTP UB)

Econit (Economics and Trade)

  • 5). Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UB)
  • 6). Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UB)

Saintek (Sains dan Teknologi)

  • 8). Fakultas Teknik (FT UB)
  • 9). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UB)
  • 10). Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM UB)

Ilmu Kesehatan

  • 11). Fakultas Kedokteran (FK UB)
  • 12). Fakultas Kedokteran Hewan (FKH UB)
  • 13). Fakultas Kedokteran Gigi (FKG UB)
  • 14). Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES UB)

Soshum (Sosial Humaniora)

  • 15). Fakultas Hukum (FH)
  • 16). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • 17). Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Lembaga Pendidikan Setara Fakultas

  • 18). Sekolah Pascasarjana Multidispliner (Pascasarjana Brawijaya) 
  • 19). Fakultas Vokasi (Vokasi)

Akreditas UB

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018, Universitas Brawijaya berhasil mempertahankan nilai akreditasi A . Dengan demikian, dinyatakan terakreditasi dengan peringkat A selama lima tahun kedepan, sejak 4 Desember 2018 hingga 4 Desember 2023

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan
profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

GALERI UB

Universitas BrawijayaUniversitas BrawijayaUniversitas Brawijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *